Jumat, 12 Oktober 2018

Sistem Informasi Transportasi Online

Penerapan Sistem dan Teknologi Informasi Pada Go-Jek

 

Go jek adalah aplikasi yang membantu Anda untuk memesan transportasi motor yang biasa orang Indonesia sebut Ojek. Gojek business model sebenarnya hampir sama dengan platform pemesanan transportaasi kendaraan lainnya, seperti Grab dan Uber, dimana pengguna dapat memesan transportasi kendaraan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Go jek telah marak dibicarakan karena kesuksesan dan kontroversi-nya. Perbedaan utama dengan ojek pada umumnya dioperasikan individu dan tidak ada aturan pemerintah untuk menetapkan standar dan harga.

A. Visi, Misi dan Struktur Organisasi

Gambar 1.Logo Perusahaan Gojek

Visi

“Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”

MisiMenjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelangganStruktur Organisasi

Gambar 2.  Struktur Organisasi Pusat

Gambar 3.  Struktur Organisasi Regional

No.BagianTugas Tanggungjawab dan Wewenang1.Direktur Utama– Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.

– Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.

– Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan

– Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.

– Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan

– Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan bararang.

2.Wakil Direktur– Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.3.Manajer IT– Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan.

– Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.

– Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi.

– Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT

4.Manajer Karyawan Front Office & Pemasaran– Menlatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.

– Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan secara langsung atau via telephon dan strandar operasional Go-jek.

– Menangani keluahan pelanggan yang tidak   bisa di selesaikan bawahannya

– Membuat laporan daftar pelanggan.

– Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar.

– Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.

5.Manajer Keuangan– Mengkoordinasi perencanaan anggaran

– Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.

– Mengkoordinasi pelaksanaan audit

– Melakukan sistem pencatatan keuangan.

– Bertanggungjawab terhadap wakil direktur.

– Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.

– Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.

6.Manajer Ojek– Membuat kelompok-kelompok tukang ojek

– Mengkoornir semua karyawan tukang ojek

– Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.

– Bertanggung jawab kepada wakil Direktur   atas Semua Karyawan Tukang Ojek.

7.Karyawan:

a.       Bidang Progaming

b.      Bidang Web

c.       Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)

d.      Tukang Ojek

–  Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Progaming

– Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.

– Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web

– Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT

– Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi

– Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi

– Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.

– Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

– Bertanggung jawab kepada atasannya.

B. Klasifikasi Sistem Informasi yang digunakan

Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Gambar 4.  Klasifikasi Sistem Informasi

Adapun klasifikasi sistem informasi terdiri dari dua jenis, yaitu sistem operasi dan sistem manajemen sebagaimana ditunjukkan pada gambar 3. Berikut merupakan diagram sistem informasi pada Gojek :

Gambar 5. Diagram Sistem Informasi Gojek

Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis

1. Transaction processing systems

Penjelasan :

Transaction processing systems(TPS) mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.

Analisa :

Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek.

Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.

2. Process Control Systems

Penjelasan :

Process control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.

Analisa :

Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process control system.

3. Enterprise Collaboration System

Penjelasan :

Enterprise collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.

Analisa :

Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.

Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen

1. Management Information Systems

Penjelasan :

Management information systems (MIS)  menyediakan  laporan  informasi  bagi  pihak  manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan  informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional

Analisa :

Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.

2. Decision Support Systems

Penjelasan :

Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.

Analisa :

Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.

3. Executive Information Systems

Penjelasan :

Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.

Analisa :

Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

C. Teknologi Informasi yang digunakan

Dalam memberikan layanan, Go-Jek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :

1.Teknologi End User

Aplikasi Smartphone AndroidAplikasi Smartphone IOS

2.Teknologi Database

Cloud ComputingSmartphone Storage

3.API (application programming interface)

Google MapsGoogle PlaceTransjakarta APIApotikantar API

Gambar 6. Application Programming Interface yang digunakan Gojek

4.Payment

Go-Pay (Online Credit)

Gambar 7. Penggunaan Go Pay pada Gojek

5.Customer Service

Social MediaWebsiteCall Center

Gambar 8. Website Gojek

Referensi :

http://www.go-jek.com

http://www.slideshare.net/MaluResmi/management-information-system-8349815

https://www.datinnufus.wordpress.com/2016/10/30/penerapan-sistem-dan-teknologi-informasi-pada-go-jek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sendawa Dari Stigma Negatif Sapriadi sitorus 4 JULI 2019 Satu hari di tahun 2018 kemarin, saya dan Ujang makan bers...