Rabu, 16 Januari 2019

Peran e commerce

Peran E-Commerce

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

Sejarah & Perkembangan E-Commerce


E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Webmelalui server aman (HTTPS), Protokolserver khusus yang menggunakan enkripsiuntuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
 

Model-Model E-Commerce

  1. Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.
  2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
  3. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
 

Masalah pada E-Commerce

  1. Penipuan dengan cara pencuran identitas dan membohongi pelanggan
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

 Perusahaan Terkenal

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBayAmazon.com, dan PayPal.
    

White box and black box testing


WHITE BOX TESTING AND BLACK BOX TESTING

Pengujian sistem merupakan suatu cara yang digunakan oleh developer sistem baik itu developer website, developer aplikasi mobile, maupun developer aplikasi lainnya untuk menguji dan memastikan bahwa bait program yang dibuat sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan yang ada.

Terdapat dua metode pengujian yang dapat dilakukan untuk memastikan sistem sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan yang ada yaitu white box testing dan black boxtesting. Kedua pengujian ini pada dasarnya merupakan pengujian minimum yang hendaknya dilakukan oleh setiap developer perangkat lunak.

Ada yang mengatakan bahwa pengujian dapat dilakukan secara white box atau black box dengan memilih satu dari kedua metode pengujian tersebut. Namun saya berpendapat lain tentang hal tersebut, saya berpendapat kedua metode tersebut wajib untuk dilakukan dan memang kedua metode tersebut merupakan satu kesatuan.
Sebelum melangkah ke bagian kenapa saya mengatakan kedua pengujian tersebut wajib untuk dilakukan, saya akan memberikan definisi tentang masing-masing metode untuk memperjelas pemahaman dari masing-masing pengujian perangkat lunak tersebut. Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tips merancang website bagi pemula yang sudah membahas tentang pengujian sistem namun belum terinci. Berikut penjelasan sederhana mengenai kedua metode pengujian yang saya telah sebutkan di atas.

White Box Testing(Pengujian Berdasarkan Bait Kode)
Metode pengujian secara white boxmenekankan pengujian berdasarkan bait kode yang dibuat. Pada pengujian ini penguji dalam hal ini mengetahui bahasa pemrograman dan logika-logika yang ada di dalamnya. Pengujian ini bisanya dilakukan oleh seorang programmer yang mengetahui alur proses dari sistem yang dibuat.

Black box Testing(Pengujian Berdasarkan Fungsionalitas)
Metode pengujian secara black boxmenekankan pengujian pada fungsionalitas yang ada dari setiap bagian di dalam sistem yang dibuat tanpa mengetahui bait program yang ada. Pengujian ini dilakukan setelah bait program yang ada selesai untuk dibuat. Tujuan dari pengujian ini yaitu untuk memastikan setiap bagian sudah sesuai dengan alur proses yang ditetapkan dan memastikan semua kesalahan masukan yang dilakukan oleh pengguna dapat ditangani oleh sistem. Pengujian ini akan dilakukan dengan cara yang relatif bertentangan dengan kebutuhan yang ada, tujuannya di sini yaitu untuk memastikan sistem dapat menangani semua masukan yang tidak sesuai dan memastikan pengguna hanya bisa memasukkan data yang benar ke sistem.


Dari kedua penjelasan tersebut, saya menyimpulkan bahwa metode ini memang seharusnya dilakukan berurutan dimana didahului oleh pengujian secara white box dan dilanjutkan ke black box.
Perbedaan White Box Testing Dan Black Box Testing 
Metode White Box ( Struktural )
A. Dilakukan oleh penguji yang mengetahui tentang QA.
B. Melakukan testing pada software/program aplikasi menyangkut security dan performance program tersebut (meliputi tes code, desain implementasi, security, data flow, software failure).
C. Dilakukan seiring dengan tahapan pengembangan software atau pada tahap testing.

Metode BlackBox  ( Fungsional )
A. Dilakukan oleh penguji Independent.
B. Melakukan pengujian berdasarkan apa yang dilihat, hanya fokus terhadap fungsionalitas dan output. Pengujian lebih ditujukan pada desain software sesuai standar dan reaksi apabila terdapat celah-celah bug/vulnerabilitas pada program aplikasi tersebut setelah dilakukan white box testing.
C. Dilakukan setelah white box testing.
Secara tidak sadar programmer telah melakukan pengujian secara white boxpada saat mereka merancang setiap fitur yang dibuat. Untuk menekankan keyakinan sang programmer bahwa setiap bagian yang mereka buat sudah sesuai maka dilakukan pengujian secara black box dengan tujuan menyempurnakan sistem dan memastikan tidak ada kesalahan yang terjadi.

Dengan alasan tersebut, saya sangat meyakini kedua metode ini sangat berkaitan dan memang secara tidak langsung telah dilakukan oleh setiap developer. Biasanya developer hanya memberikan hasil pengujian secara black box saja kepada client mereka. Alasan yang sederhana yang dapat dipakai patokan yaitu karena hanya pengujiang secara black box saja yang bisa dimengerti dan dipahami oleh client sedangkan pengujian secara white box hanya dimengerti oleh programmer dan lebih ke bagian internal developer.

Demikian artikel tentang pengujian sistem secara white box dan black box, semoga dengan artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang metode pengujian sistem yang dapat digunakan untuk memastikan semua fitur yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semoga bermanfaat.

Sabtu, 05 Januari 2019


Januari 04, 2019
ANALISA DAN KESIMPULAN TENTANG LAZADA
(E- COMMERS)

Latar Belakang

Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
          Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.

PENJELASAN TENTANG LAZADA

1.) LAZADA(Lazada.co.id)

Lazada merupakan bagian dari jaringan e-commerce yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.

Sejarah Lazada.co.id
            Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in Indonesia – Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan bagi Lazada.co.id dan orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang
Bayangkan saja, Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”, Mari kita simak sejarah perjalan Lazada.co.id di dunia e-commerce tanah air.
Januari 2012 – Rocket Internet yang bermarkas di Berlin, Jerman mendirikan sebuah kantor di ibukota indonesia, Jakarta. Saat itu Rocket Internet baru memperkerjakan 4 orang karyawan di Lazada.
15 Maret 2012 –  Website Lazada.co.id diluncurkan pada bulan Maret 2012, bukan hanya di Indonesia saja namun di Philipina, Thailand, Malaysia, Vietnam dan menjadikan Lazada sebagai toko online yang kini tidak asing lagi di telinga setiap orang di wilayah Asia Tenggara. Tepatnya pada tanggal 15 Maret lazada.co.id terbuka untuk umum, dengan 4 kategori utama dan 4.000 produk didalamnya.
Maret – Selang satu minggu setelah peluncuran, lazada.co.id mendapatkan pelanggan pertamanya, yang kemudian memberikan testimoni pada sebuah interview mengenai kepuasaanya berbelanja di lazada.co.id.
April 2012 – Dengan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan, dan kelengkapan sistem pembayaran termasuk COD, dalam jangka waktu satu bulan setelah peluncuran, jumlah pelanggan lazada.co.id telah mencapai 1000 pelanggan.
Juni 2012 –  Semakin banyaknya ragam produk yang dijual di lazada.co.id, Membuat Lazada membuka kantor baru yaitu sebuah warehouse dan pusat distribusi, kantor terbaru ini menampung dengan baik tiap produk yang tampil pada website dan mengatur tiap pemesanan pelanggan dengan teliti sehingga kemungkinan kesalahan pengiriman kecil terjadi.
Agustus 2012 – Berkat keseriusan dan kerja keras seluruh karyawan dibelakang Lazada, pada bulan Agustus lazada.co.id menjadi top 100 website di Indonesia! Dibulan ini pula Lazada telah memiliki 200 karyawan.
September 2012 – Berkat cepatnya perkembangan lazada.co.id yang diiringi dengan atusiasme masyarakat Indonesia terhadap sistem belanja online, pada bulan sepember Lazada.co.id telah menduduki top 70 website di Indonesia.
14 September 2012 – JP Morgan Asset Management mengkonfrimasi investasi terhadap jaringan LAZADA Asia Tenggara. CEO LAZADA Regional Asia Tenggara, Maximilian Bittner menyatakan, “Kami sangat merasa terhormat untuk menyambut JP. Morgan untuk menjadi investor kami dan tentunya sangan bahagia bergabung dengan investor dengan berbagi visi dan kepercayaan akan potensi besar wilayah yang berpopulasi besar dengan mereplikasi perilaku berbelanja online di negara maju.” (Kutipan Wikipedia).
8 Oktober 2012 – Peka dengan perkembangan trend di Indonesia, pada 8 oktober lazada.co.id menjadi trending topic #2 di sosial Twitter dengan campaign hastag #Bringmeto1D. Dalam campaign One Direction ini Lazada bekerjasama dengan SonyMusic untuk memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada.co.id untuk bertemu dengan One Direction.
24 oktober 2012 – Tim Marketing sosial media Lazada bersorak gembira dengan melihat keberhasilannya atas 100,000 “likes” pada akun Facebook page Lazada.co.id.
12 November 2012 – Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta.
Desember 2012 – Dengan pelanggan yang terus puas dengan pelayanan dan produk yang dihadirkan, pada bulan terakhir di 2012, Lazada.co.id berada diposisi top 60 website di indonesia dan “like” Facebook yang sudah menembus angka 220.000.
5 Desember 2012 – Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta pada Lazada.
12 Desember 2012 –  Angka 12.12.12 adalah sebuah revolusi di dunia e-Commerce di Indonesia yang mana event ini diprakarsai oleh Lazada. Pada 12 desember 2012 ini Lazada.co.id menghadirkan berbagai produk pilihan dengan diskon yang sangat besar. Angka penjualan melonjak pesat setelah campaign ini.
31 Desember 2012 – Pentingnya sebuah User Interface sebuah website untuk kemudahan berbelanja tiap orang menjadikan Lazada meluncurkan website dengan interface terbaru, yang lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. Pada bulan ini juga website lazada.co.id sudah memiliki kategori produk sebanyak 13 buah dan 25.000 produk yang dijual online.
Januari 2013 – Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta.
Februari 2013 – Iklan TVC Lazada.co.id tayang perdana di televisi nasional indonesia.
Sistem Penjualan Lazada.co.id
Lazada.co.id dapat juga disebut dengan toko online adalah sistem penjualan dengan menggunakan jasa internet, berbasis web dan dapat bertransaksi dengan online tanpa adanya tatap muka antara pembeli dan penjual. Ini tentu saja memudahkan para pembeli yang berasal dari daerah yang jauh untuk melakukan transaksi dengan harga yang normal. Tentu saja daerah si pembeli yang jauh akan mempengaruhi lama tidaknya barang yang dibeli sampai ke pembeli tersebut.
Saya akan mencoba menjelaskan tentang langkah-langkah dalam penjualan online yang dilakukan oleh lazada.co.id :
Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id
Lalu pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.idbeserta dengan harganya dan potongan pembelian.
Lalu pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.
Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.
Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.
Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli  untuk konfirmasi tentang pembelian.
Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”.  Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol “Lanjutkan”.



Selanjutnya pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada “konfirmasi pembayaran”.
Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan.

Dan inilah alur flow chart berbelanja di Lazada :
Grafik Lazada.co.id
Traffic rank pada website Lazada.co.id cenderung meningkat dari awal mulai situs tersebut beroperasi hingga saat ini. Itu dapat terlihat dari naiknya terus grafik seperti gambar diatas.Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengunjung situs Lazada.co.id yang ingin melakukan belanja online. Terlebih lagi Lazada.co.id menyediakan banyak pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang menggiurkan jika dibandingkan toko lainnya. Inilah yang menyebabkan Lazada.co.id menjadi salah satu top website yang sering dikunjungi oleh penduduk Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan lazada.co.id
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
1.) Beraneka Ragam Produk Tersedia
         Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di lazada.

2.)Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
          Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu. Produk yang beberapa hari yang lalu saya beli dari lazada merupakan produk yang didiskon 20% dari harga awal, lumayan untuk menghemat bukan?


3.)Website yang user friendly
          Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup mudah dimengerti sehingga kita sebagai konsumen tidak akan tersasar didalam website mereka. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.

4.) Bebas Ongkos Kirim
           Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya  dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.

5.) Bisa COD (Cash On Delivery)
       Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta sebab saat saya pesan barang untuk di Bandung tidak ada fasilitas COD.

6.) Pengiriman Barang Cepat
       Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima. Pengalaman saya adalah saat membeli salah satu produk lazada, saya pesan dan melakukan pembayaran pada tanggal 15 agustus 2012 kemudian pada tanggal 16 agustus pukul 10.00 pagi barang sudah sampai di rumah saya dengan selamat.
Kesimpulan

Setiap web e-commerce yanga ada memiliki fitur – fitur tersendiri yang bisa membuat web e-commerce itu lebih unggul dari yang lainnya padahal menurut saya semua fitur mereka tawarkan tidak jauh berbeda dengan yang lain dan pada intinya memiliki fungsi yang sama.
Jadi lazada merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan wadah bagi para produsen untuk mempromosikan produk yang dihasilkan.dimana pengunaan e-commerce ini sangat mudah dan gampang tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga dan tidak banyak biaya yang dikeluarkan.


Rabu, 31 Oktober 2018

SISTEM INFORMASI BERBASIS ILMU PENGETAHUAN


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kami sehingga makalah yang berjudul “Penerapan Sistem Pakar Dalam Berbagai Bidang” ini dapat terselesaikan.

Makalah ini membahas tentang materi-materi yang berkaitan dengan system pakar dalam ruang lingkup masyarakat saat ini. Dengan tujuan agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa yang berkaitan dengan Sitem Berbasis Pengetahuan.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik serta saran yang membangun sangat kami harapkan.

Akhir kata, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihat yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.






                                                                                                Depok,01 November 2018








 -------------------------------------------------------------------

BAB I

PENERAPAN  SISTEM  PAKAR DALAM  BERBAGI  BIDANG

Pengertian system pakar     

Sistem Pakar berasal dari dua kata yaitu sistem dan pakar. Sistem adalah beberapa elemen yang di tekankan adalah efektifitas (untuk mencapai suatu tujuan). Pakar adalah seseorang yang ahli pada suatu bidang. 

            Sistem pakar (expert system) secara umum adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Atau dengan kata lain sistem pakar adalah sistem yang didesain dan diimplementasikan dengan bantuan bahasa pemrograman tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli. Diharapkan dengan sistem ini, orang awam dapat menyelesaikan masalah tertentu baik ‘sedikit’ rumit ataupun rumit sekalipun ‘tanpa’ bantuan para ahli dalam bidang tersebut. Sedangkan bagi para ahli, sistem ini dapat digunakan sebagai asisten yang berpengalaman.

Banyak sekali definisi lainnya tentang Sistem Pakar diantaranya :

·         Sistem Pakar adalah Sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga ahli yang bersangkutan.

·         Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer berisi pengetahuan yang disimpan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam suatu bidang spesifik dengan cara hampir sama dengan seorang tenaga ahli. Pengetahuan datang dari satu rangkaian percakapan yang lalu di kembangkan dari beberapa tenaga ahli suatu sistem.. Sistem tersebut menerima pengetahuan yang berisi suatu masalah dari seorang pengguna. 

·         Sistem Pakar adalah suatu perangkat lunak komputer yang dirancang untuk memberikan pemecahan masalah suatu tenaga ahli didalam suatu bidang. Sistem Pakar terdiri atas suatu dasar pengetahuan(informasi, heuristik, dll.), mesin kesimpulan(untuk meneliti dasar pengetahuan), dan alat penghubung (input dan output). Cara yang memimpin ke arah pengembangan Sistem Pakar adalah berbeda dari teknik programan konvensional.

·          Sistem pakar ialah sistem yang mewakilkan pengetahuan manusia dalam bentuk program komputer dan menggunakan pengetahuan tersebut dalam penyelesaian masalah; mensimulasikan bagaimana pakar menyelesaikan masalah.

·         Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang menggabungkan basis pengetahuan (knowledge base) dengan mesin inferensi. Basis pengetahuan dalam sistem pakar berupa suatu aturan yang diperoleh dari pengalaman atau dari seorang pakar pada bidang keahlian tertentu. Berdasarkan basis pengetahuan yang ada,digunakan mesin inferensi untuk mengenerate solusi terhadap domain permasalahan yang akan dipecahkan.

Cirri-ciri dari system pakar

Suatu sistem dikatakan sistem pakar apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut (Kusumadewi, 2003):

a)      Terbatas pada domain keahlian tertentu

b)      Dapat memberikan penalaran untuk data-data yang tidak pasti

c)      Dapat mengemukakan rangkaian alasan-alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami

d)     Berdasarkan pada kaidah atau rule tertentu

e)      Dirancang untuk dikembangkan sacara bertahap

f)       Keluarannya atau output bersifat anjuran.

Adapun banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengembangkan sistem pakar, antara lain (Kusumadewi, 2003):

·         Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa    kesadaran langsung seorang pakar

·         Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambahnya efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja

·         Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks

·          Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang

·          Pengetahuan dari seorang pakar dapat dikombinasikan tanpa ada batas waktu

·         Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.

Selain banyak manfaat yang diperoleh, ada juga kelemahan pengembangan sistem pakar, yaitu (Kusumadewi, 2003):

·         Daya kerja dan produktivitas manusia menjadi berkurang karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh system.

·         Pengembangan perangkat lunak sistem pakar lebih sulit dibandingkan dengan perangkat lunak konvensional.

Tujuan pengembangan Sistem Pakar adalah :

a)      Mempermudah kerja tenaga ahli

b)      Mengganti tenaga ahli

c)      Menggabungkan kempampuan tenaga ahli

d)     Training tenaga ahli

e)      Mengurangi resiko pada pekerjaan yang berbahaya

f)       Menyediakan ahli pada bidang pekerjaan “kering”

Komponen dalam Sistem Pakar meliputi :

1.      Ahli sebagai sumber pengetahuan

2.       Basis pengetahuan

3.      Mesin informasi

4.      Fasilitas pengetahuan dan justifikasi

    Semua Sistem Pakar terdiri dari sebuah alat penghubung (input dan output), suatu database, suatu dasar pengetahuan, dan suatu mekanisme kesimpulan. Lebih dari itu, pengembangan Sistem Pakar pada umumnya berproses melalui beberapa tahap yang mencakup pemilihan masalah, didapatnya pengetahuan, penyajian pengetahuan, programming, evaluasi dan pengujian.

       Bagian dari Sistem Pakar yang menarik adalah kemampuan perangkat lunak untuk meninjau ulang suatu konsultasi dan menyediakan suatu penjelasan kepada pemakai bagaimana caranya memperoleh kesimpulan. Fungsi penjelasan yang sangat utama adalah suatu catatan yang menyangkut proses pemikiran yang digunakan oleh tenaga ahli untuk memecahkan masalah itu. Sistem Pakar menyediakan suatu pemahaman yang lebih baik bagaimana kesimpulan dicapai sehingga kepercayaan pemakai akan lebih besar dalam mengambil kesimpulan menggunakan Sistem Pakar. Akumulasi fakta akan diperkenalkan ketika suatu penjelasan diminta. Biasanya penjelasan yang diminta yaitu bagian dari perangkat lunak atau bagian luar dari pengembangan.

            Tools perangkat lunak yang dikembangkan memberikan keleluasaan pada perekayasa pengetahuan untuk memasukkan himpunan aturan pada basis pengetahuan, dan diperolehnya suatu solusi berdasarkan basis pengetahuan yang ada. Sehingga Tools Sistem Pakar yang dibuat dalam penelitian ini dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam domain permasalahan.
Mesin informasi di atas merupakan mesin yang dapat berpikir dengan cermat dan tepat untuk pencapaian suatu keputusan yang diambil melalui pengetahuan, yakni komputer.

 Jadi Sistem Pakar dapat kita definisikan sebagai suatu sistem perangkat lunak yang menggunakan ilmu, fakta dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh tenaga kerja ahli dalam bidang yang bersangkutan. Ahli disini melakukan pemindahan ilmu pengetahuan(akuisisi ilmu pengetahuan) yang dia miliki kepada suatu sistem yang di berada pada sebuah perangkat lunak komputer. Sistem Pakar ini sudah banyak di gunakan untuk membantu manusia dalam bidang manajerial.

Beberapa kategori dari Sistem Pakar adalah :

·         Interpretasi – penganalisisan data untuk menjelaskan suatu data. Contoh: DENDRAL

·         Diagnosis – proses mendiagnosis sesuatu (pendeteksian penyakit untuk makhluk hidup) berdasarkan data.

Contoh : MYCIN

·         Pemantauan – secara terus menerus menginterpretasi isyarat(signal) dan bertindak jika intervensi diperlukan.

Contoh VM – pemantauan pesakit dengan menggunakan alat pernafasan khas.(common-sense).

·          Ramalan – membuat ramalan masa hadapan berdasarkan model lepas atau sedia ada
Contoh:sistem dalam peramalan saham

·          Perancangan (planning) – satu program tindakan yang dilakukan untuk mencapai keputusan
Contoh: perancangan dalam genetik molekul

·         Reka bentuk – penghasilan spesifikasi untuk membina objek yang memenuhi keperluan tertentu.
Contoh: rekabentuk digital circuit

  -----------------------------------------------------------------------

BAB II

Contoh Implementasi Dari Sistem Pakar

      A.    Aplikasi Sistem Pakar di Bidang Kesehatan

  

       Pengembangan sebuah sistem pakar dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan membangun sendiri semua komponen di atas, sedangkan cara kedua adalah dengan memakai semua komponen yang sudah ada, kecuali isi basis pengetahuan. Penggunaan cara kedua disebut sebagai membangun sistem pakar dengan shell.

    E2gLite adalah sebuah shell sistem pakar yang dikembangkan oleh Expertise2Go yang berbasis internet dan dilengkapi applet Java. E2gLite memberikan kemudahan dalam hal pembangunan sistem pakar serta pelaksanaan konsultasi oleh pengguna. Basis pengetahuan berupa file teks yang berisi fakta dan aturan yang dapat dibuat dengan editor teks dan disimpan sebagai file *.kb, sedangkan pengguna cukup menggunakan browser umum yang memiliki fitur Java seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer. Jika Internet Explorer yang terinstall tidak mempunyai fitur Java, dapat ditambah dengan menginstall Microsoft Virtual Machine Proxy Server. E2gLite dapat didownload dari http://www.Expertise2go.com secara gratis.

     Kelebihan e2gLite terletak pada kemudahan akses dan penggunaannya. Kemudahan akses, karena e2gLite yang berisi applet Java dan basis pengetahuan dapat didownload ke browser pengguna. Kemudahan penggunaan, karena suatu applet Java sangat mudah untuk diikutsertakan didalam sebuah halaman web sebagai objek grafis, dan dapat disisipkan ke dalam sebuah sel dalam tabel HTML untuk memfasilitasi pengaturan halaman secara fleksibel serta integrasi sistem pakar dengan halaman web yang lain. Namun demikian e2gLite juga memiliki kekurangan, antara lain waktu startup yang lama, sehingga lebih cocok untuk sistem pakar berskala kecil dengan basis pengetahuan yang mengandung kurang dari 100 aturan.

      

      Kekurangan kedua, adalah basis pengetahuan yang berupa file teks dapat dibaca oleh siapapun karena bersifat publik atau dapat diakses oleh siapapun. Dengan demikian desain dari basis pengetahuan sistem pakar yang dibuat tidak dapat dijaga kerahasiaannya. Kekurangan lainnya berhubungan dengan kompatibilitas browser. Microsoft telah mengumumkan pemisahan antara JVM (Java Virtual Machine) dari versi Internet Explorer yang diinstall mulai sistem operasi Windows XP. Hal ini akan menyebabkan semua halaman web yang mengandung applet menjadi gagal untuk diakses, kecuali pengguna secara khusus menginstall JVM.

      B.     Sistem Pakar Dalam Bidang Kedokteran

     contoh sederhana dari penerapan sistem pakar dalam bidang kedokteran, yaitu diagnosis penyakit berdasarkan gejala-gejala dan beberapa solusi untuk penyembuhannya. Dalam keseharian kita, terdapat beberapa penyakit dengan gejala yang hampir mirip, sebagai contoh influenza, tipus, dan maag. Untuk dapat melakukan diagnosis dengan benar, terlebih dahulu kita harus mengetahui gejala-gejala dari penyakit tersebut.

Beberapa gejala yang mungkin timbul dari ketiga jenis penyakit tersebut adalah sebagai berikut:

·         Kepala pusing;

·         Suhu badan tinggi;

·         Batuk dan pilek;

·         Badan lemas;

·         Demam lebih dari tiga hari;

·         Hasil cek darah menunjukkan positif salmonella paratipii

·         Nyeri pada ulu hati;

·         Nyeri pada lambung.

Sedangkan obat yang kami sarankan sebagai solusi untuk mengobati penyakit tersebut meliputi:

·         Paracetamol;

·         Antibiotik;

·         Multivitamin;

·         Obat anti mual;

·         CTM (obat tidur).

Dari gejala-gejala tersebut kita dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

Jika gejala yang timbul adalah 1, 2, dan 3 maka dia menderita influenza dan solusi obatnya adalah a, b, dan c.

Jika gejala yang timbul adalah 1, 4, 5, dan 6 maka dia menderita tipus dan solusi obatnya adalah a, b, c, d, dan e.

Jika gejala yang timbul adalah 1, 7, dan 8 maka dia menderita maag dan solusi obatnya adalah a, b, c, dan d.

Dengan menggunakan sistem pakar ini kita dapat melakukan diagnosis penyakit influenza, tipus, dan maag sehingga kita dapat melakukan pertolongan pertama pada penderita penyakit tersebut.

C.     Aplikasi Sistem Pakar di bidang Manajerial

1.      . Analisis

a)      Interpretasi

Ø  Analisa pasar untuk komoditi tertentu

Ø  Identifikasi media iklan yang sesuai

Ø  Identifikasi kebutuhan pelatihan

b)      Diagnostik 

Ø  Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan

2.      Sintesa 

·         Penarikan tenaga kerja

·         Strategi penentuan harga

·          Strategi pengembangan produk

·         Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek

3.      Integrasi 

Salah satu bagian dari Sistem Pakar adalah kemampuan untuk menjelaskan sebuah pemikiran. Pada saat sistem ini mengingat rantai pemikiran logisnya, seorang pemakai boleh meminta suatu penjelasan dari suatu masalah dan sistem akan meberikan beberapa faktor yang berhubungan dengan masalah yang ditanyakan oleh pengguna itu. Bagian ini meningkatkan kepercayaan para pemakai didalam memecahkan masalah menggunakan Sistem Pakar.

      D.    Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakologi Dan Terapi

    Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologidan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web dibuat dengan dasar pemikiran sebagai berikut :

farmakologi dan terapi merupakan suatu sistem yang besar dan komplek. Tugas farmakologi dan terapi adalah mencari dasar penggunaan obat secara rasional untuk tindakan medis yang tepat, cepat dan akurat pada saat diperlukan. Dasar penggunaan obat tersebut disesuaikan dengan diagnosis penyakit yang dilakukan secara cermat berdasarkan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien. Implementasi farmakologi dan terapi di lapangan secara konvensional dituangkan dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh dokter yang bersangkutan dan dilaksanakan oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap masalah farmakologi dan terapi.

Kenyataannya dengan menggunakan buku panduan terdapat beberapa kelemahan diantaranya :

·         Prosedur yang tertulis sangat baku sehingga memasung inovasi dan improvisasi operator.

·         Perlu dilakukan revisi secara berkala menyesuaikan kondisi yang ada.

·         Kurang komunikatif bagi para operator yang belum berpengalaman.

     Kelemahan seperti ini menyebabkan tidak jarang para operator melaksanakan tugasnya hanya didasarkan pada pengetahuannya masing-masing, padahal tidak ada
jaminan mereka memiliki kemampuan yang sama (Prakasa, 1996), khususnya dalam hal farmakologi dan terapi. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem pengolah informasi yang berkecerdasan untuk membantu tugastugas dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit pada saat diperlukan untuk kemudian diambil keputusan penggunaan obat yang sesuai.

    Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web diharapkan dapat digunakan untuk mendukung terciptanya sistem informasi berkecerdasan berbasis komputer dalam bidang kesehatan yang mendudukkan paramedis non dokter dan mahasiswa kedokteran sebagai dokter pada saat diperlukan dan membantu tugas-tugas dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

 Secara garis besar sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi dibuat dengan tuntutan untuk melakukan tugas sebagai berikut :

1.      Mengambil datadata hasil pemeriksaan kondisi pasien,

2.      Memasukan dan membandingkan data-data tersebut ke dalam kaidahkaidah yang telah dituliskan dalam basis pengetahuan,

3.      Mendeskripsikan kondisi pasien berdasarkan kesimpulan yang didapat dari hasil membandingkan seperti yang telah dilakukan pada tugas

4.      Deskripsi kondisi pasien sebagai output sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi memuat kondisi umum pasien, diagnosis penyakit dan terapi-terapi yang dapat dilakukan, baik dengan obat, herbal maupun suplemen.

Implementasi sistem pakar dalam bidang farmakologi dan terapi sebagai pendukung pengambilan keputusan berbasis web merupakan suatu program yang terdiri dari dua jenis program. Kedua jenis program tersebut adalah program konvensional dan program sistem pakar. Program konvensional digunakan untuk proses iterasi dan untuk mengolah basis data, sedangkan program sistem pakar digunakan dalam proses inferensial dan untuk mengolah basis pengetahuan. 

      E.     Aplikasi Sistem Pakar Dalam Bidang Psikologis

    Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang psikologi, yaitu untuk sistem pakar menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak. Anak-anak merupakan fase yang paling rentan dan sangat perlu diperhatikan satu demi satu tahapan perkembangannya. Contoh satu bentuk gangguan perkembangan adalah conduct disorder.

Conduct disorder adalah satu kelainan perilaku dimana anak sulit membedakan benar salah atau baik dan buruk, sehingga anak merasa tidak bersalah walaupun sudah berbuat kesalahan. Dampaknya akan sangat buruk bagi perkembangan sosial anak tersebut. Oleh karena itu dibangun suatu sistem pakar yang dapat membantu para pakar/psikolog anak untuk menentukan jenis gangguan perkembangan pada anak dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF).

Contoh lain implementasinya adalah tes kepribadian. aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini, lebih mudah dan lebih cepat dalam proses pengukuran kepribadian dibandingkan metode terdahulu, sehingga memberikan banyak keuntungan dari segi penghematan waktu, tenaga, dan memudahkan kinerja user (pemakai) dalam mengukur kepribadiannya masing-masing. Selain itu aplikasi tes kepribadian ini dikemas dengan tampilan yang cukup menarik.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ukuran kepribadiannya, mereka dapat menggunakan aplikasi ini sebagai referensi, dan bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa psikologi, aplikasi ini dapat dijadikan tambahan untuk mendukung studi mereka terutama untuk sub bidang pengukuran kepribadian.

Namun demikian, aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini tidak bisa menggantikan seorang ahli karena dia pakar di bidangnya. Aplikasi sistem pakar ini hanyalah alat bantu yang sangat bergantung pada data-data yang di-input oleh seorang programmer sehingga aplikasi sistem pakar ini haruslah selalu dikembangkan.

Tools yang disediakan oleh Visual Basic.NET 2008 sudah sangat mengakomodir dalam proses pembuatan aplikasi ini. Selain itu, Visual Basic.NET 2008 dapat dengan baik melakukan koneksi database ke sql server. 

  

      F.      Pengetahuan di dalam Sistem Pakar

      Pengetahuan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah harus dipaparkan sehingga dapat digunakan untuk menuliskan kode ke dalam komputer dan kemudian dapat dilakukan pengambilan keputusan oleh Sistem Pakar. Ada berbagai metoda formal untuk mewakili pengetahuan dan pada umumnya karakteristik dari suatu masalah tertentu akan menentukan teknik penyajian yang sesuai mempekerjakan.

  

      Dasar pengetahuan salah satunya didapatkan dari aturan produksi perusahaan. Aturan ini terdiri dari suatu pendapat atau kondisi yang diikuti oleh suatu kesimpulan atau tindakan (contoh : IF kondisi THEN tindakan). Aturan produksi mengijinkan hubungan dasar pengetahuan untuk dipecahkan ke dalam unit yang dapat dikendalikan. Suatu dasar pengetahuan yang terdiri dari ratusan atau beribu-ribu aturan dapat menyebabkan suatu masalah dengan organisasi dan manajemen aturan itu. Pengaturan visualisasi dan aturan saling behubungan, mereka dapat dipenuhi sampai jaringan ketergantungan.

  

      Sepanjang konsultasi aturan dasar, dikemukakan kondisi-kondisi yang dapat memuaskan pemakai. Operasi ini dilakukan oleh mesin pengambil kesimpulan. Suatu ketika semua kondisi-kondisi ( yaitu. IF bagian-bagian dari aturan) dari suatu aturan sesuai, aturan dieksekusi dan kesimpulan yang sesuai ditarik. Berdasarkan Atas kesimpulan dan fakta yang diperoleh selama konsultasi, mekanisme kesimpulan menentukan pertanyaan yang (mana) akan ditanyakan dan di pesan apa yang ditampilkan. Ada berbagai metoda inferencing tersedia untuk melaksanakan tugas pencarian, menyesuaikan, dan eksekusi. Suatu karakteristik Sistem Pakar yang berbeda dari perangkat lunak konvensional adalah kemampuan mereka untuk memperbaiki kekurangan atau kesalahan data.

  

      Dalam sepuluh tahun terakhir, perangkat lunak komputer berbasis kecerdasan buatan yang disebut Sistem Pakar sudah menerima banyak perhatian. Karena perangkat lunak ini sudah banyak di gunakan untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan didalam suatu bidang. Contohnya meliputi sistem komputer disain, perbaikan lokomotif, dan cloning gen. Pada jaman sekarang ini perangkat lunak komputer yang paling sering digunakan adalah suatu Sistem Pakar yang memiliki friendly user interface. Interface ini tidak membuat kerja sistem itu menjadi lambat, tetapi dapat memungkinkan user yang tidak memiliki pengalaman untuk mengetahui permasalahan, pemecahan dan dapat menarik kesimpulan dari sistem itu.

Membuat Sistem Pakar lebih mudah digunakan ??

Ya atau tidaknya sebuah Sistem Pakar mencapai sukses mungkin ditentukan oleh sifat alami alat penghubung pemakainya. Ini adalah bagian dari Sistem Pakar yang saling berhubungan dengan pemakai. Bahkan Sistem Pakar yang paling kuat tidak akan diterapkan jika sistem itu memerlukan terlalu banyak usaha pada pihak pemakai. Oleh sebab itu, penting untuk membuat komputer semudah mungkin untuk dipakai oleh pemakai ketika beroperasi. Hampir semua perangkat lunak pengembangan modern menawarkan kapasitas yang saling berhubungan antara sistem grafik dan teks.

  

---------------------------------------------------------------------------

KESIMPULAN

     Dari perancangan Sistem Pakar ini kelompok kami dapat mengambil beberapa

kesimpulan, diantaranya adalah sebagai berikut :

   1.      Sistem ini dirancang dengan tampilan yang memperhatikan kemudahan pengoperasian sehingga mudah digunakan.

    2.      ada beberapa tujuan pengembangan system pakar

    3.       Dengan menggunakan sistem komputerisasi kemungkinan tingkat kesalahan lebih kecil.

    4.      Membantu dokter dalam mengakusisi pengetahuan yang dimiliki sehingga ia dapat menggunakan waktunya untuk mengerjakan pekerjaannya.

    5.      Sistem ini dapat digunakan oleh dokter atau mahasiswa kedokteran untuk membantu mempelajari proses Diagnosa Kanker Kulit.

----------------------------------------------------------------------------

DAFTAR PUSTAKA

http://novaliapratiwi.blogspot.com/2011/12/sistem-pakar-dalam-bidang-kedokteran.html

http://veratogatorop.blogspot.com/2012/04/sistem-informasi-berbasis-komputer.html

Jumat, 12 Oktober 2018

Bagaimanakah Sistem Transferisasi Materi Dan Informasi Dikampus Dilakukan Jika Mahasiwa Dituntut "Terus"? Hingga Membuat Mahasiswa Jenuh


Pantaskah  mahasiswa Mengeluh?

Proses Penyesuaian Fisik,Mental Serta Waktu Dituntut Untuk Dapat Kita Lakukan Karena Dalam Perkuliahan Sekarang, Menristekdikti  (Kementerian Riset Dan Pendidikan Tinggi) Mengharuskan Seluruh Mahasiswa Untuk  lebih Aktif Dalam Proses Trasparansi Dan Saluransi Materi Dalam Proses Belajar Dikampus

dalam Pemberlakuan Sistem ini Mahasiswa Terkesan Di Paksa
Mengapa Demikian Itu Terjadi?
Satu Pandangan Yang Kita Dapat Jabarkan antara Lain : Efesiensi Waktu Dalam Proses Masa Kuliah

Seperti Yang Telah kita ketahui Jadwal Kuliah Setiap Mahasiswa dapat Berbeda Beda,Padatnya Jadwal Kuliah Dan Ditambah Lagi Banyaknya Laporan Orientasi Mahasiswa Yang Setiap Pertemuan Selalu Di Tuntut Oleh Dosen kepada Mahasiswanya Dan Dituntut  Untuk Melakukan Halnya Lebih Baik  , Dengan Alasan Dan Motif Cinta Tanah Air . Lalu Apakah yang telah Di lakukan Tanah Air Pada Mahasiswa?

Ada Banyak Pihak Yang Mengatakan Mahasiswa Sekarang Sudah Dimudahkan dan Tidak Lagi terbentur infrastruktur dan Financial untuk Melakukan Proses Pembelajaran Dikampus Terkait,Karena Untuk Kampus Negeri dan Bahkan Swasta Pemerintah Telah Merekomendasikan Pemberlakuan Sistem Uang Kuliah Tunggal ( Permenristekdikti no 39 Thn 2017).
Namun Pada Pelaksanaannya Mahalnya Biaya Kuliah Mengharuskan Ratusan Ribu Anak Bangsa Yang Berpotensi Tidak Dapat melanjukan Pendidikan ke jenjang yang lebih Tinggi , Faktor kedua Menjadi Masalah Yang perlu kita soroti Sebagai Faktor Turunnya Qualitas Mahasiswa ialahlah Kurangnya Waktu Istirahat Pada Mahasiwa. Sebagai Kajiannya
Remaja 14 – 17 Tahun

Memasuki masa remaja, mereka membutuhkan waktu tidur selama 8 hingga 10 jam.

Dewasa Awal 18 – 25 Tahun

Selepas remaja dan masuk ke fase dewasa awal, mereka membutuhkan waktu tidur 7 hingga 9 jam.

Namun Banyak Mahasiswa Yang Hanya Tidur 2 Jam Untuk Membuat Tugas Dan Laporan Yang Diberikan Dosen Terkait

Benarkah Ini Pemberlakuan Sistem Yang Sesungguhnya?

Proses Dan Sistem Perkuliahan Di Kampus Perlu Di perbaiki .Kembali Lagi Peran Pemerintah Dipertanyakan...
Lalu Siapa Yang Bertanggung jawab Memperbaiki Itu?

ºººººPecinta Kampusººººº

Sistem Informasi Transportasi Online

Penerapan Sistem dan Teknologi Informasi Pada Go-Jek

 

Go jek adalah aplikasi yang membantu Anda untuk memesan transportasi motor yang biasa orang Indonesia sebut Ojek. Gojek business model sebenarnya hampir sama dengan platform pemesanan transportaasi kendaraan lainnya, seperti Grab dan Uber, dimana pengguna dapat memesan transportasi kendaraan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Go jek telah marak dibicarakan karena kesuksesan dan kontroversi-nya. Perbedaan utama dengan ojek pada umumnya dioperasikan individu dan tidak ada aturan pemerintah untuk menetapkan standar dan harga.

A. Visi, Misi dan Struktur Organisasi

Gambar 1.Logo Perusahaan Gojek

Visi

“Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, mmberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya”

MisiMenjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai jasa transportasi tercepat dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.Menjadikan PT Go-Jek Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi.Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelangganStruktur Organisasi

Gambar 2.  Struktur Organisasi Pusat

Gambar 3.  Struktur Organisasi Regional

No.BagianTugas Tanggungjawab dan Wewenang1.Direktur Utama– Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.

– Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.

– Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan

– Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.

– Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan

– Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan bararang.

2.Wakil Direktur– Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.3.Manajer IT– Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan.

– Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.

– Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi.

– Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT

4.Manajer Karyawan Front Office & Pemasaran– Menlatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.

– Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan secara langsung atau via telephon dan strandar operasional Go-jek.

– Menangani keluahan pelanggan yang tidak   bisa di selesaikan bawahannya

– Membuat laporan daftar pelanggan.

– Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar.

– Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.

5.Manajer Keuangan– Mengkoordinasi perencanaan anggaran

– Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.

– Mengkoordinasi pelaksanaan audit

– Melakukan sistem pencatatan keuangan.

– Bertanggungjawab terhadap wakil direktur.

– Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.

– Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.

6.Manajer Ojek– Membuat kelompok-kelompok tukang ojek

– Mengkoornir semua karyawan tukang ojek

– Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.

– Bertanggung jawab kepada wakil Direktur   atas Semua Karyawan Tukang Ojek.

7.Karyawan:

a.       Bidang Progaming

b.      Bidang Web

c.       Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)

d.      Tukang Ojek

–  Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Progaming

– Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.

– Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web

– Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT

– Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi

– Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi

– Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.

– Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

– Bertanggung jawab kepada atasannya.

B. Klasifikasi Sistem Informasi yang digunakan

Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Gambar 4.  Klasifikasi Sistem Informasi

Adapun klasifikasi sistem informasi terdiri dari dua jenis, yaitu sistem operasi dan sistem manajemen sebagaimana ditunjukkan pada gambar 3. Berikut merupakan diagram sistem informasi pada Gojek :

Gambar 5. Diagram Sistem Informasi Gojek

Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis

1. Transaction processing systems

Penjelasan :

Transaction processing systems(TPS) mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.

Analisa :

Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek.

Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.

2. Process Control Systems

Penjelasan :

Process control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.

Analisa :

Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process control system.

3. Enterprise Collaboration System

Penjelasan :

Enterprise collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.

Analisa :

Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.

Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen

1. Management Information Systems

Penjelasan :

Management information systems (MIS)  menyediakan  laporan  informasi  bagi  pihak  manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan  informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional

Analisa :

Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.

2. Decision Support Systems

Penjelasan :

Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.

Analisa :

Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.

3. Executive Information Systems

Penjelasan :

Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.

Analisa :

Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

C. Teknologi Informasi yang digunakan

Dalam memberikan layanan, Go-Jek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :

1.Teknologi End User

Aplikasi Smartphone AndroidAplikasi Smartphone IOS

2.Teknologi Database

Cloud ComputingSmartphone Storage

3.API (application programming interface)

Google MapsGoogle PlaceTransjakarta APIApotikantar API

Gambar 6. Application Programming Interface yang digunakan Gojek

4.Payment

Go-Pay (Online Credit)

Gambar 7. Penggunaan Go Pay pada Gojek

5.Customer Service

Social MediaWebsiteCall Center

Gambar 8. Website Gojek

Referensi :

http://www.go-jek.com

http://www.slideshare.net/MaluResmi/management-information-system-8349815

https://www.datinnufus.wordpress.com/2016/10/30/penerapan-sistem-dan-teknologi-informasi-pada-go-jek/

Modal Kerja

MANAJEMEN MODAL KERJA

MANAJEMEN MODAL KERJA

A.    Pendahuluan

Manajemen modal yang efektif menjadi sangat penting untuk pertumbuhan kelangsungan peusahaan dalam jangka panjang. Apabila perusahaan kekurangan modal kerja untuk memperluas penjualan dan meningkatkan produksinya, maka besar kemungkinannya akan kehilangan pendapatan dan keuntungan. Perusahaan yang tidak memiliki modal kerja yang cukup, tidak dapat membayar kewajiban jangka pendek, tepat pada waktunya dan akan menghadapi masalah likuiditas. Karena modal kerja diperlukan perusahaan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.

B.     Pengertian Modal Kerja

Ada dua pengertian modal kerja, yang pertama gross working capital, adalah keseluruhan aktiva lancar, sementara pengertian net working capital adalah kelebihan aktiva lancar di atas utang lancar. Karena pada dasarnya modal kerja berbeda dengan aktiva tetap, hanya pada waktu yang diperlukan untuk memperbaharui aktiva tersebut atau dengan kata lain, aktiva tetap akan memerlukan waktu lebih dari satu periode atau satu tahun. Sedangkan invesatasi modal kerja biasanya akan berputar kurang dari satu periode normal operasi perusahaan. Siklus operasi perusahaan yang seperti ini terdiri atas tiga kegiatan poko, yaitu: pengadaan bahan, proses produksi, dan distribusi (penjualan).

Penentuan Kebutuhan Modal Kerja

Terdapat beberapa metode yang biasa dipergunakan untuk menentukan besarnya kebutuhan modal kerja seperti (1) metode keterikatan dana, (2) metode perputaran modal kerja, (3) metode aliran kas.

Metode Keterikatan Dana

Analisis kasus : misalkan anda bermaksud untuk mendirikan usaha pembuatan berbagai jenis roti di kota anda. Setiap harinya diperlukan uang tunai untuk membeli bahan bahan baku, membayar tenaga kerja, dan pengeluaran tunai lainnya sebesar Rp 1.000.000. roti hasil perusahaan dijual secara tunai dan terjual seluruhnya pada hari itu juga dengan pendapatan Rp 1.100.000. Kemudian malam harinya ia berbelanja lagi untuk membuat roti yang akan dijual esok harinya dengan pengeluaran yang sama sebesar Rp 1.000.000, sedang selebihnya Rp 100.000 digunakan untuk konsumsi biaya hidup keluarga. Jika hal ini dilakukan terus menerus maka modal kerja dapat dikatakan Rp 1.000.000.

Metode Perputaran Modal Kerja

Metode ini berbeda dengan metode keterikatan dana, karena metode ini menentukan kebutuhan modal kerja dengan memperhatikan perputaran elemen pembentuk modal kerja itu sendiri seperti kas, piutang dan persediaan. Untuk menentukan besarnya modal kerja maka dilakukan dengan cara :

Perputaran piutang = 

                          

Perputaran persediaan = 

 Metode Aliran Kas

Metode ini menggunakan analisa cash flow. Arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas pendanaan, dan aktivitas pembiayaan.

Konsep Modal Kerja Nol

Modal kerja nol atau zero working capital tampak sedikit aneh dan mungkin kurang penting bagi perusahaan. Manajer keuangan tidak jarang memandang masalah modal kerja tidak penting seperti halnya masalah investasi jangka panjang pada berbagai asset tetap, kebijakan pendanaan jangka panjang, kebijakan dividen maupun merger dan reorganisasi. Perhatian manajer keuangan mulai terfokus pada pengelolaan modal kerja, seiring dengan meningkatkan kompetisi di pasar global. Beberpa perusahaan di Amerika kini telah mencoba menerapkan modal kerja nol. Pengingkatan kompetisi global tidak hanya memeprcepat arus barang,transaksi tetapi juga proses produksi dan hal ini memaksa perusahaan untuk melakukan perencanaan modal kerja secara akurat dan tepat waktu. Secara mendasar konsep modal kerja nol adalah merupakan selisih antara persediaan ditambah piutang dikurangi dengan utang jangka pendek. Logikanya adalah sekalipun terjadi peningkatan persediaan, sebenarnya persediaan itu dapat dibiayai oleh supllier dalam bentuk utang dagang.

Sendawa Dari Stigma Negatif Sapriadi sitorus 4 JULI 2019 Satu hari di tahun 2018 kemarin, saya dan Ujang makan bers...